Gula Darah

Gula Darah – Dalam dunia kedokteran / Medis. Gula darah merupakan istilah untuk menggambarkan kadar dan tingkat glukosa didalam darah, konsentrasi gula darah atau tingkat glukosa serum yang diatur dengan ketat di dalam tubuh. Gula yang diubah menjadi glukosa yang kemudian dialirkan melalui darah merupakan sumber kekuatan energi bagi tubuh yang berfungsi secara luas bagi sel-sel tubuh.

Gula Darah

Gula Darah

Gula Darah dalam Tubuh

Tingkatan gula darah akan bertahan pada batas-batas tertentu sepanjang hari selama 4-8 mmol/l (70-150 mg/dl). Kadar gula darah akan meningkat pada saat seseorang mengkonsumsi makanan dan gula darah akan turun kembali ketika pagi hari saat bangun tidu dan belum mengkonsumsi suatu makanan apapun.

Gambar penampilan gula darah dalam sel darah dan diabetes

Penyakit diabetes mellitus merupakan salah satu penyakit yang memiliki hubungan yang sangat dekat dengan gula darah yang disebabkan oleh hormon insulin yang tidak dapat bekerja secara optimal dalam mengendalikan gula darah di dalam tubuh atau gagal mengendalikan gula darah.

Selain glukosa, komponen lainnya dari gula juga terdapat fruktosa dan galaktosa. Namun glukosa merupakan senyawa yang sangat penting yang memiliki peranan sebagai salah satu sumber energi yang paling utama bagi tubuh, tingkat glukosa dikendalikan oleh hormon insulin dan leptin.

Kadar gula darah dalam tubuh haruslah seimbang dengan komponen sumber energi lainnya seperti magnesium, protein, lemak, kalori, fosfor, kalsium serta kompomem lainnya dari pelengkap energi tubuh. Bila gula darah dalam tubuh memiliki tingkatan yang rendah akan mengakibatkan suatu peristiwa yang disebut dengan Hipoglikemia, yakni suatu keadaan diman kadar gula darah (glukosa) secara sebagian besar kasus hipoglikemia terjadi pada penderita diabetes yang memiliki kadar gula darah hingga dibawah 60 mg/dl. Jika seseorang yang memiliki penyakit diabetes dan mengalami hipoglikemia akan menunjukkan gejala seperti perasaan lelah, fungsi mental yang menurun, rasa mudah tersinggung, dan kehilangan kesadaran.

Begitu pula sebaliknya, jika kadar gula darah dalam tubuh melambung tinggi diatas batas normal, maka seorang penderita akan mengalami Hiperglikemia yakni suatu kondisi peningkatan glukosa darah yang berada diatas normal sekitar 80-90 mg/dl atau bahkan mencapai hingga 140-160 mg/dl darah. Akibat yang ditimbulkan dari kadara gula darah yang tinggi menyebabkan suatu faktor resiko dari masalah kesehatan tubuh lainnya seperti kerusakan pada mata, gangguan fungsi ginjal dan kerusakan syaraf yang dapat berlangsung dalam waktu yang cukup lama.

Gula darah yang melambung tinggi kadarnya dalam tubuh disebabkan oleh terjadinya percepatan pada proses metabolisme glikogenolisis dan glukoneogenesis yang terjadi pada organ hati. Tingkat gula darah diatur melalui respon balik negatif untuk tetap mempertahankan keseimbangan darah di dalam tubuh. Kenaikan glukosa di dalam darah diawasi oleh pankreas. Bila gula darah yang telah diubah menjadi glukosa dan kadarnya menurun, maka cadangan glukosa yang masih ada akan diolah menjadi energi tubuh dengan pankreas yang melepaskan glukagon yakni hormon tubuh yang menyuplai sel-sel di lever (hati).

Kemudian sel-sel yang terdapat pada organ hati ini akan dioleh kembali menjadi glikogen ke glukosa, proses ini disebut dengan glikogenolisis. Kemudian glukosa akan dialirkan ke dalam aliran darah hingga mencapai tingkatan tertentu dalam gula darah. Sebaliknya, bila kdaar gula darah meningkat yang mungkin disebabkan oleh perubahan glikogen, proses pencernaan makanan, hormon lainnya yang dilepaskan melalui butir-butir sel yang terdapat dalam pankreas, hormon inilah yang disebut dengan hormon insulin yang menyebabkan organ hati mengubah lebih banyak glukosa menjadi glikogen yang disebut dengan glikogenosis yang mengurangi tingkatan gula darah.

Pada penderita penyakit gula darah, maka kadar gula darah yang tinggi biasanya akn dikeluarkan lewat urin. Dan dengan lewat air urin yang mengandung kandungan gula ini sehingga biasanya akan banyak semut yang mengerubunginya. Selanjutnya biasanya orang tersebut akan lebih cepat lelah, lemas, mudah haus dan juga lapar, mengalami kesemutan dan sering buang air kecil, mengalami gatal-gatal dan juga lain sebagainya. Kandungan atau juga jumlah kadar gula untuk mereka yang menderita penyakit diabetes saat puasa adalah sekitar lebih dari 125 mg/dl dan juga disaat sedang dalam keadaan tidak berpuasa atau dalam keadaan normal biasanya akan terjadi lebih dari 200 mg/dl. Sedangkan untuk mereka yang dalam keadaan normal kadar gulanya biasanya adalah 60-120 mg/dl.

Penyakit gula darah ini bisa menimbulkan berbagai komplikasi yang terjadi, misalnya adalah penyakit gagal ginjal, penyakit jantung, penyakit yang terjadi pada saluran pencernaan, sumbatan yang terjadi pada pembuluh darah, terjadinya kebutaan, mengalami disfungsi ereksi, dan juga terjadinya suatu gangguan pada sensitivitas perabaan, nyeri yang terjadi pada seluruh anggota tubuh atau bahkan kematian. Namun tidak jarang untuk mereka yang mengalami kasus penyakit gula darah tinggi bisa menyebabkan anggota tubuh mereka harus diamputasi karena mengalami pembusukan. Oleh karena itulah, sangat diharuskan sekali dalam melakukan teknik perawatan yang lebih serius untuk mereka yang sedang menerapkan gaya hidup yang sehat baik untuk mereka yang masih dalam keadaan sehat atau juga sedang dalam keadaan sakit.

Penyebab penyakit gula darah bisa disebabkan dari faktor genetik atau juga akibat dari pola hidup yang kurang baik. Dan semua orang mempunyai resiko mengalami penyakit gula darah.

Gula Darah


=====================================

>>> Kapsul Sambiloto Mengobati Kencing Manis / Diabetes, Menormalkan Kadar Gula Darah, Meningkatkan Kekebalan Tubuh, Mengatasi Bronchitis & Radang Amandel, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Gula Darah and tagged , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Gula Darah

  1. chiko says:

    bagaimana proses yang terjadi jika seorang mengalami kadar glukosa darahnya tinggi ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>