Penyebab Penyakit Gula Darah

Gula yang melebihi batas normal akan meracuni dan mengganggu “mesin” kehidupan pada umumnya. Oleh karena itu, apabila kadar gula darah tinggi yaitu pada setiap kali sesudah kita makan dengan cara otomatis pankreas akan membuat dan mengeluarkan insulin. Insulin akan menurunkan gula dengan cara mendistribusikan gula masuk ke dalam sel-sel yang akan diolah lebih lanjut untuk menjadi energi.

Gula darah dapat meningkatkan kadarnya yang disebabkan oleh asupan makanan dan minuman yang kita makan sehari-hari yang umumnya banyak mengandung gula.

Berikut ini beberapa jenis makanan yang menjadi pemicu timbulnya diabetes dan meningkatnya gula darah dalam tubuh, diantaranya :

1. Teh manis

Sebagian besar orang Indonesia sangat menyukai minuman teh manis baik hangat maupun dalam bentuk es teh manis. Dalam sajian 1 gelas teh manis mengandung 250-300 kalori. Penyaki gula darah umumnya banyak mengintai para wanita. Sebenarnya kebutuhan akan kalori untuk wanita dewasa rata-rata adalah 1.900 kalori per hari. Untuk itu disarankan untuk mengendalikan penggunaan gula dalam keseharian menu makanan anda.

2. Makanan yang digoreng

Makanan yang umumnya dibuat dengan cara digoreng yang pastinya banyak mengandung lemak jenuh yang menjadi pembawa suatu penyakit degeneratif seperti kardiovaskular, diabetes mellitus, stroke dan kolesterol. Lemak yang banyak tersimpan di dalam tubuh akan menyebabkan pembuluh darah koroner mengalami penyumbatan. Gula darah pun semakin meningkat sehingga hormon insulin tidak mampu mengendalikan kadar gula yang semakin meningkat.

3. Kebiasaan mengemil

Kebiasaan mengemil jenis makanan apapun seperti biskuit, keripik dan kue-kue manis yang mengandung hidrat arang tinggi tanpa disertai serat pangan yang memadai. Jenis cemilan makanan tersebut termasuk dalam jenis makanan glisemik indeks tinggi. Cemilan tersebut mengandung gula dan tepung yang terkandung di dalamnya yang mempunyai peranan dalam meningkatkan kadar gula dalam darah.

4. Kurang tidur

Menurut hasil sebuah riset dari University of Chicago, mengemukakan bahwa seseorang yang kualitas tidurnya kurang dari kualitas tidur normal dan terjadi selama 3 hari menyebabkan kemampuan tubuh semakin menurun tajam dalam mengolah glukosa yang kemudian mengakibatkan timbulnya resiko penyakit diabetes. Selain itu, kualitas tidur yang kurang membuat nafsu makan seseorang cenderung lebih tinggi karena rasa lapar yang begitu hebat, sehingga membuat seseorang mengkonsumsi makanan yang berkalori tinggi dan membuat kadar gula darah meningkat.

5. Kurangnya aktivitas fisik

Mereka yang jarang melaukan aktivitas fisik diluar pekerjaan selain berolaharaga membuat kerja organ tubuh menjadi melemah sehingga sistem metabolisme tubuh dan hormon yang mengontrol kadar gula darah dalam tubuh menjadi berkurang dan gula darah semakin meningkat tajam. Faktor resiko yang terjadi dari naiknya kadar gula darah memungkinkan seseorang terserang penyakit selain diabetes mellitus. Mereka yang lebih kecenderungan terserang diabetes adalah orang yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas.

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan penderita diabetes khususnya untuk negara-negara di Asia akan meningkat hingga 90 % dalam 20 tahun ke depan.

6. Stres

Mereka yang memiliki penyakit diabetes bila sering mengalami stress akan semakin memperburuk keadaan dan bila disertai adanya penyakit tekanan darah akan memunculkan kemungkinan pada gula darah yang akan semakin meningkat. Saat stres datang, tubuh akan meningkatkan produksi hormon epinephrine dan kortisol supaya gula darah naik dan ada cadangan energi untuk beraktivitas.

7. Rokok

Sebuah penelitian di Amerika yang melibatkan 4.572 pria dan wanita menyimpulkan bahwa resiko terhadap penyakit diabetes akan naik 22 % pada perokok aktif.

8. Efek samping dari penggunaan pil kontrasepsi

Menurut dr. Dyah Purnamasari S, SpPD dari Divisi Metabolik Endokrinologi RSCM, beliau mengatakan bahwa wanita yang menggunakan pil kontrasepsi berlawan dengan cara kerja hormon insulin. Karena insulin tidak mampu bekerja, maka digantikan oleh pankreas untuk bekerja memproduksi insulin. Semaki keras pankreas bekerja, maka pankreas akan semakin melemah, hal ini disebabkan oleh pil kontarsepsi yang terbaut dari berbagai komponen kombinasi hormon estrogen dan progestin atau progestin saja.

9. Keranjingan soda

Dari penelitian yang dilakukan oleh The Nurses’ Health Study II terhadap 51.603 wanita usia 22-44 tahun, ditemukan bahwa peningkatan konsumsi minuman bersoda membuat berat badan dan risiko diabetes melambung tinggi. Para peneliti mengatakan, kenaikan risiko itu terjadi karena kandungan pemanis yang ada dalam minuman bersoda. Selain itu, asupan kalori cair tidak membuat kita kenyang sehingga terdorong untuk minum lebih banyak.


=====================================

>>> Kapsul Sambiloto Mengobati Kencing Manis / Diabetes, Menormalkan Kadar Gula Darah, Meningkatkan Kekebalan Tubuh, Mengatasi Bronchitis & Radang Amandel, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Gula Darah, Penyakit Gula Darah and tagged , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Penyebab Penyakit Gula Darah

  1. vamela theresia says:

    terimakasih iniformasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>